Di Manakah Syeikh Anwar Awlaki Sekarang?

Ya, dimanakah Syeikh Anwar Awlaki sekarang ini? Seperti diketahui, dai terkenal asal AS ini tak diketahui keberadaannya. Ada yang menyebutkan ia berada di Yaman, ada pula yang menyebutkannya masih berada di AS.

Terakhir kali beliau memberikan komentar tentang tragedi Fort Food beberapa waktu lalu. Sejak itu, tak lagi terdengar apapun dari beliau. Situsnya pun sepi dan seperti terhenti dari kegiatan.

Anwar al-‘Awlaqī  lahir pada 22 April 1971 di Las Cruces, New Mexico. Ia adalah seorang dosen, pemimpin spiritual, dan mantan imam yang dituduh sebagai perekrut dan motivator terkait dengan berbagai teroris versi AS dan Barat.

Awalnya dilatih sebagai seorang insinyur sipil, Al-Awlaki kemudian menjadi seorang imam. Dia saat ini terkait dengan Universitas Iman  di Yaman

Al-Awlaki saat ini sedang dicari oleh pihak berwenang di Yaman berkenaan dengan tuduhan terorisme. Terhitung sejak Maret 2009, pihak berwenang manapun dikabarkan belum dapat menemukannya.

Seorang pengisi di forum Islamic Awakening mengatakan bahwa ketika menjenguk saudaranya yang dipenjara oleh pemerintah Yaman, ia diberitahu oleh saudaranya tersebut bahwa Syeikh Anwar Awlaki berada satu penjara dengannya.

Menurutnya, Syeikh Anwar sudah beberapa bulan mendekam  di sana. Pertanyaannya, bagaimana komentar Syeikh Anwar tentang tragedi Fort Hood bisa ada sementara beliau ada di penjara? Apakah hal ini benar? Wallohu alam bi shawwab. (sa/islamicawakening)