Di Arab, Facebook Lampaui Pembaca Koran

Penguna Facebook di Arab makin menggurita. Bahkan menurut sebuah survei, ada lebih banyak pengguna Facebook daripada pembaca koran di tanah Arab.

Penelitian ini dilakukan oleh Spot On Public Relations, sebuah lembaga pemasaran dan komunikasi yang berbasis di Dubai. Survei mengatakan ada lebih dari 15 juta pelanggan Facebook saat ini yang terus-menerus aktif. Sedangkan jumlah surat kabar yang terjual dalam bahasa Arab, Inggris dan Prancis hanya di bawah 14 juta.

Spot On Public Relations, mengatakan angka ini menunjukkan bahwa platform tersebut mulai menentukan cara orang Arab berbagi informasi.

Di Mesir, ada adalah 3,5 juta pengguna Facebook, yang jauh di luar sirkulasi salah satu harian surat kabar terbesar di negara itu.

Bahkan Arab Saudi yang konservatif, menjadi negara kedua terbesar setelah Mesir dalam memiliki pengguna Facebook. Sepertiga dari penduduk di Uni Emirat dikatakan aktif sebagai pengguna Facebook.

Temuan ini seharusnya tidak mengejutkan. Mayoritas lebih dari 300 juta orang di wilayah ini masih muda, dan penggunaan internet mereka terus diberitakan meningkat.

Dalam masyarakat dimana kebebasan politik sangat terbatas, banyak yang memakai Facebook sebagai alternatif untuk bicara di ruang publik. Namun survei ini tidak memberikan rincian rinci bagaimana Facebook digunakan di negara-negara Arab. Disinyalir, kebanyakan hanya untuk chatting dan menjalin pertemenan, dan hanya beberapa saja yang digunakan untuk kampanye politik dan sosial. (sa/bbc)