Demo Kelompok Anti Islam Membawa Kartun Nabi Muhammad di Depan Masjid Berlin

Demo Kelompok Anti Islam Membawa Kartun Nabi Muhammad di Depan Masjid Berlin

Sebuah kelompok sayap kanan menampilkan karikatur Nabi Muhammad di luar sebuah masjid di Berlin Sabtu kemarin (18/8), di tengah kehadiran banyaknya polisi, sementara kelompok sayap kiri dan anti-Nazi mengadakan demonstrasi tandingan.

Aksi protes yang dilakukan oleh sekitar 50 militan dari kelompok Pro Deutschland sengaja ditujukan untuk kelompok Islam Jerman setelah pengadilan memungkinkan mereka untuk memperbanyak kartun nabi Muhammad yang yang pertama kali tampil di Denmark dan memicu reaksi kekerasan di seluruh dunia.

Pengadilan administratif di ibukota Jerman Kamis lalu menolak keluhan yang diajukan oleh tiga jamaah masjid “untuk mencegah gerakan warga negara Pro Deutschland dari memamerkan apa yang disebut karikatur Muhammad di depan masjid mereka.”

Dikatakan kartun itu dilindungi sebagai “kebebasan artistik” dan tidak bisa secara hukum dianggap sebagai pelecehan dari kelompok agama tertentu.

“Hanya menunjukkan kartun Muhammad tidak memenuhi syarat sebagai seruan kebencian atau kekerasan terhadap segmen tertentu dari populasi yang ada di Jerman,” kata pengadilan.

Aktivis Pro Deutschland berunjuk rasa di luar sebuah masjid terkenal sebagai basis komunitas Salafi pada Sabtu kemarin dengan membawa plakat bertuliskan “Stop Islamisasi” serta kartun nabi Muhammad.

Mereka berencana untuk melakukan hal yang sama di luar dua masjid lainnya di distrik kelas pekerja dan melakukan aksi protes di luar tempat yang dikuasai oleh kelompok ekstrem kiri pada hari Minggu.(fq/ap)