Dalam Pertempuran Sengit, Akhirnya Mujahidin IS Kuasai Pangkalan Udara Rezim Assad di Deir Ezzor

isis kuasai airbaseMujahidin Negara Islam berhasil  merebut bagian  landasan udara militer rezim Assad di Deir Ezzor di Suriah timur dalam pertempuran sengit pada Sabtu, kata satu kelompok pemantau.

“IS lakukan  serangan fajar terhadap bandara militer Deir Ezzor dan  beberapa wilayah sekitarnya dalam  bentrokan sengit yang berlangsung antara mujahidin IS  dan pasukan rezim Assad ,” kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Sebelumnya, Observatorium mengatakan bahwa 19 anggota tentara rezim Assad tewas ketika sebuah bom bunuh diri meledak di persimpanan kendaraan rezim Assad di  pangkalan udara dari Deir Ezzor.

Pemboman tersebut kemudian  diikuti oleh serangan IS terhadap posisi rezim di dalam pangkalan udara tersebut.

“Bentrokan mengakibatkan gugurnya  7 mujahidin  dan menyita 2 tank rezim , kendaraan lapis baja, artileri dan beberapa senapan mesin,” kata Observatorium.

Pangkalan Deir Ezzor adalah pangkalan udara terakhir rezim Assad dimana pesawat tempur dan helikopter  rezim Assad sering ditempatkan untuk penyerangan terhadap posisi  mujahidin  di wilayah wilayah pertempuran di Suriah. (Arby/Dz)