Biografi Syaikh Muhammad Sa’id Ramadhan Al Buthi

Penulis yang Sangat Produktif

Syaikh Al Buthi adalah seorang penulis yang sangat produktif. Karyanya menca­pai lebih dari 60 buah, meliputi bidang syari’ah, sastra, filsafat, sosial, masalah-masalah kebudayaan, dan lain-lain.

Be­berapa karyanya yang dapat disebutkan di sini, antara lain:

  •  Al Mar‘ah Bayn Thughyan An Nizham Al Gharbiyy wa Latha‘if At Tasyri’ Ar Rabbaniyy
  • Al Islam wa Al ‘Ashr
  • Awrubah min At Tiqniyyah ila Ar Ruhaniyyah: Musykilah Al Jisr Al Maqthu’
  • Barnamij Dirasah Qur‘aniyyah
  • Syakhshiyyat Istawqafatni
  • Syarh wa Tahlil Al Hikam Al ‘Atha‘iyah
  • Kubra Al Yaqiniyyat Al Kauniyyah
  • Hadzihi Musy­ki­latuhum
  • Wa Hadzihi Musykilatuna
  • Kalimat fi Munasabat
  • Musyawarat Ijtima’iyyah min Hishad Al Internet
  • Ma’a An Nas Musyawarat wa Fatawa
  • Manhaj Al Hadharah Al Insaniyyah fi Al Qur‘an
  • Hadza Ma Qultuhu Amama Ba’dh Ar Ru‘asa‘ wa Al Muluk
  • Yughalithunaka Idz Yaqulun
  • Min Al Fikr wa Al Qalb
  • La Ya‘tihi Al Bathil
  • Fiqh As Sirah
  • Al Hubb fi Al Qur‘an wa Dawr Al Hubb fi Hayah Al Insan
  • Al Islam Maladz Kull Al Muj­tama’at Al Insaniyyah
  • Azh Zhullamiyyun wa An Nuraniyyun
  • Muhadharat Fil Fiqhil Muqharin Ma’a Muqaddimati Fi Bayani Asbabi Ikhtilafi Al Fuqaha’ Wa Ahammiyyati Dirasatil Fiqhil Muqarin
  • Al Islam Maladz Kulli Mujtama’at Insaniyyah; Limadza Wa Kaifa?
  • Al Jihad Fil Islam; Kaifa Nafhamuhu? Wa Kaifa Numarisuhu?
  • Salafiyyah; Marhalah Zamaniyyah Mubarakah La Madzhab Islami
  • Al ‘Uqhubat Islamiyyah; wa ‘Aqduhu At Tanaqhudhu bainaha Wa baina Ma Yusamma bi Thabi’ihal ‘Ashri
  • Hurriyatul Insan Fi Dhilli ‘Ubudiyyahatihi Lillah
  • Difa’ ‘An Islam Wa Tarikh
  • Al Islam Wa ‘Asru; Tahaddiyat Wa ‘Afaq
  • Al Aqidah Al Islamiyyah wa Al Fikr al Mu’asirah
  • Al La Madzhabiyyah Akhtaru Bid’atin Tuhaddidu as Syari’ah Al Islamiyyah
  • Al Mazdhab al Iqtishady Baina Syuyu’iyyah Wal Islam
  • Dhawabitu Al Maslahat Fi As Syariah al Islamiyyah
  • Fi Sabilillahi Wa Al Haq
  • Hiwar Haula Musykilati Hadhariyyah
  • Mabahitsul Kitab Wa As Sunnah min ‘Ilmi Ushulil Fiqhi
  • Mamuzain, Qishatu Hubbub Nabati Fi Al Ardhi wa Aina’u fi As Sama’, Mutarjamah
  • Manhaj Al ‘Audah Ilal Islam
  • Masalatu Tahdidi an Nashli Wiqayatn wa ‘Ilajan
  • Min Al fikri wa Al Qalbi
  • Min Rawaiyl Qur’an
  • Naqdul Auhami Al Maddiyah Al Jadaliyah
  • Tajribatut Tarbiyah Al Islamiyyah Fi Mizan Al Bahts
  • Al Insan Wa Adatullahi Fi Al Ardli
  • Al islamu Wa Muskilatus sabab
  • Bathinul Ismi al Khatar Fi Hayatl Muslimin
  • Hakadza Fal Nad’u al Islam
  • Ila Kulli Fatatin Tu’minu Billah
  • Man Huwa Sayyidu al Qadri fi Hayatil Insan
  • Minal Mas’ul ‘An Takhallufi Al Muslimin
  • Min Asrari Al Manhaj Al Islami

Gaya bahasa Al Buthi istimewa dan menarik. Tulisannya proporsional de­ngan tema-tema yang diusungnya.

Tu­lisannya tidak melenceng dan keluar dari akar permasalahan dan kaya akan sum­ber-sumber rujukan, terutama dari sum­ber-sumber rujukan yang juga diambil lawan-lawan debatnya.

Akan tetapi bahasanya terkadang ti­dak bisa dipahami dengan mudah oleh ka­langan bukan pelajar, disebabkan un­sur falsafah dan manthiq, yang memang ke­ahliannya.

Oleh karena itu, majelis dan ha­laqah yang diasuhnya di berbagai tempat di keramaian kota Damaskus menjadi sarana untuk memahami karya-karyanya.

Walau demikian, sebagaimana di­tuturkan pecinta Al Buthi, di samping mam­pu membedah logika, kata-kata Al Buthi juga sangat menyentuh, sehingga mampu membuat pembacanya berurai air mata.

Di Indonesia, karyanya yang paling banyak digemari adalah Fiqh As Sirah.

 Kitab ini mengupas tentang faidah-faidah yang  dapat dipetik dari perjalanan kehidupan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, utamanya dari sisi dakwah dan mendirikan peradaban Islam.

Bahkan, karena kitab ini sering dijadikan rujukan oleh aktivis Ikhwanul Muslimin, banyak yang menyangka bahwa beliau adalah tokoh Ikhwan, padahal bukan. Dan beliau sendiri pernah berselisih pendapat dengan Ikhwan.

Selain itu banyak juga yang menyangka bahwa beliau adalah menantu Syaikh Hasan Al Banna, pendiri Ikhwanul Muslimin, karena kebetulan namanya mirip dengan Ustadz Sa’id Ramadhan yang pernah tinggal di Suriah dan meninggal 1995.