Bin Laden Berjanggut Hitam, Benarkah Dia Bin Laden?

Dengan janggut lebat hitam, berbeda dengan penampilannya dalam sejumlah rekaman video sebelumnya, Usamah bin Laden duduk di hadapan sebuah meja dengan mengenakan ikatan kepala putih. Ia menyerukan rakyat Amerika untuk memeluk Islam. Inilah kemunculannya yang pertama setelah tiga tahun menghilang. Benarkah dia Usamah bin Laden?

Dalam rekaman video itu, Bin Laden menegaskan bahwa ia masih hidup dan dalam kondisi sehat. Bin Laden menuding AS sebagai pihak yang turut mendorong pertikaian antar etnik di Irak, dan Bush telah mengulang kembali kesalahan yang sama seperti yang dilakukan mantan petinggi Soviet yang tetap tidak mau mengakui kerugiannya saat menduduki Afghanistan.

Yang aneh, dalam kaset tersebut, Bin Laden mengatakan bahwa ada dua solusi yang bisa menghentikan peperangan. “Satu hal dilakukan dari pihak kami, yaitu kita menambah tensi peperangan dan itu sebagai kewajiban kami dan saudara-saudara kami yang melakukannya. Sedangkan hal kedua, dari sisi kalian, saya serukan kalian untuk memeluk Islam. ” Ia melanjutkan, “Ini akan memenuhi keinginan kalian untuk menghentikan peperangan ini. ” Masih menurut Bin Laden dalam rekaman tersebut, para petinggi Amerika harusnya menyadari bahwa mereka telah kehilangan kepercayaan dalam sistem demokrasi dan mereka sedang mencari pengganti sistem itu. Penggantinya adalah Islam. Bila ini dipilih oleh para petinggi AS, niscaya rakyat akan berada di belakangmereka dan mendukung mereka. Bin Laden tidak mengarahkan ancaman serangan kepada AS, dalam pidato berdurasi 30 menit ini. Tapi ia hanya menyinggung soal serangan WTC, 11 September 2001, yang dilakukan oleh 19 orang anggota Al-Qaidah.

Sebelum ini, AS pernah mengakui bahwa pihaknyamenerima sebagian dari isi rekaman dari bin Laden yang berisi rencana akan menyampaikan seruannya mendekati peringatan serangan WTC, 11 September 2001. Kaset rekaman terakhir bin Laden, dipublikasikan pada tahun 2004. Ketika itu Bin Laden berpenampilan dengan janggut panjang yang dipenuhi dengan uban. Berbeda dengan yang baru-baru ini dipublikasikan. Bin Laden dengan janggut yang lebih pendek dan berwarna hitam pekat sepertinya memang diwarnai dengan warna hitam.

Tapi sejumlah pengamat masalah terorisme ingin menyelidiki kaset terbaru bin Laden itu guna memperjelas isu yang dahulu pernah disebutkan bahwa bin Laden telah mati atau terkena penyakit parah. Benarkah yang tampil dalam rekaman itu adalah Bin Laden sesungguhnya? (na-str/iol)