Berapa Harga Kematian Usamah?

Pembunuhan Usamah bin Ladin dalam operasi AS dan kegagalan untuk memenuhi prosedur yang sah akan membuat Presiden AS Barack Obama harus membayar harga mahal, demikian kata seorang mantan analis CIA.

"Bagian yang sakit adalah ketika bertindak sebagai hakim, juri dan algojo dan bersikeras tidak mengikuti setiap proses hukum, yang akan membuat Obama harus membayar dengan harga mahal," kata Ray McGovern dalam sebuah wawancara Senin dengan Press TV.

Mantan analis intelijen itu mengatakan bahwa operasi yang dilakukan Amerika di Pakistan tanpa persetujuan dari pihak berwenang Pakistan.

Beberapa analis percaya bahwa operasi itu sebuah acara yang telah diatur sebelumnya oleh Intelijen AS dan Pakistan dan bahwa bin Laden tidak berada di kompleks yang dilaporkan, karena ia sudah mati sebelumnya.

Mantan Perdana Menteri Pakistan Benazir Bhutto mengatakan dalam sebuah wawancara tahun 2007, menyusul usaha pembunuhan yang gagal terhadapnya, bahwa bin Laden telah "dibunuh" beberapa tahun lalu.

Selain itu, sejumlah mantan personil dan komandan militer AS menyatakan bahwa bin Laden tewas dalam pemboman besar di awal-awal invasi Amerika di Afghanistan. (sa/presstv)