Benarkah Rakyat AS Tidak Merindukan Bush?

Pada 28 September 2008, satu hari sebelum meninggalkan jabatannya di Gedung Putih, mendadak George W. Bush dipenuhi dengan sedikit nostalgia yang kasar. Rakyat AS menganggap itu sebagai fakta menyedihkan dan juga kebodohan rakyat Amerika. Sebagian yang lain mengatakan hal-hal seperti "Tidak mungkin"; "Aku akan kehilangan dia seperti ruam"; "Ini harus menjadi sebuah satir ";" Bush adalah sosiopat ";" George Bush telah menghancurkan negara ini ";" Sejarah tidak akan mengampuni dia "; dan (yang paling populer)" Aku benci orang itu. "

Namun, yah itu lebih dari satu tahun yang lalu. Sekarang dan tanda-tanda rehabilitasi Bush mulai muncul. Satu secara harfiah adalah sebuah papan reklame yang muncul baru-baru ini di Minnesota. Menempati sisi kanan (dari sudut pandang penonton) adalah gambar Bush yang tersenyum ramah dan melambaikan tangan dalam yang gerakan ramah pula. Menempati sisi kiri adalah sebuah pertanyaan yang sederhana dan langsung menghunjam: "Miss Me Yet?" atau Anda Sudah Merindukan Saya Kembali?

Pada 8 Maret kemarin, sampul Newsweek mereproduksi ulang foto terkenal Bush pada dek penerbangan dari USS Lincoln pada tahun 2003. Bush berada di sebelah kiri gambar, berjalan jauh dari spanduk yang terkenal menyatakan "Mission Accomplished." (Misi tercapai).

Kata-kata itu menghantui Bush untuk lima tahun, tapi sekarang, menurut Newsweek, kata-kata itu berarti "Victory At Last." Tentu saja, orang mungkin tidak setuju dengan penilaian itu, tetapi kenyataan bahwa hal itu dibuat dalam artikel utama dari sebuah majalah mainstream memberikan sudut pandang sendiri. Ini adalah kisah yang bersinggungan dengan yang lain, cerita tentang penurunan terjal dukungan kepada Barack Obama dan kecurigaan yang berkembang.

Banyak kebijakan Bush sangat tercela sehingga sebagai dampaknya administrasi Obama hanyut dalam arus itu. Guantanamo belum ditutup. No Child Left Behind yang sedang direvisi dan mungkin membaik, tetapi tidak dicabut. Bank-bank masih terlibat dalam praktik-praktik buruk mereka. Keberpihakan yang lebih buruk daripada sebelumnya. Atau misalnya Obama tampaknya akan mundur dari keputusan untuk menghukum terdakwa 9 / 11 dalam pengadilan sipil. Sunday Times menurunkan sampul dengan subpos "Perubahan atau Sama Saja?" Di atas pertanyaan itu ada rangkaian foto yang menunjukkan Obama yang berubah menjadi—ya, itu benar, George W. Bush.

Dan sekarang, sesuai jadwal, Bush telah muncul kembali bersama dengan Bill Clinton dalam upaya bantuan kemanusiaan. Ia secara resmi menjadi anggota dalam performa yang baik dari mantan presiden klub, dan semakin lama ia hidup semakin reputasinya akan mengilap. Yang pasti, pasca-kepresidenan kembali masih tipis, tapi yang pasti mungkin kita akan melihat Bush pemandu wisata dan Bush sejarah pelindung beasiswa dan, mungkin, bahkan Bush pemimpin seminar. (sa/newyorktimes)