Bak Pahlawan, Bush Himbau Rakyat Iran Sadarkan Pemimpin Mereka

Presiden AS, George Bush yang hari-hari ini tengah berkunjung ke sejumlah negara Timur Tengah, hari Ahad kemarin (13/1) menyatakan Iran tetap sebagai ancaman bagi keamanan dunia. Ia bahkan menyerukan koleganya di berbagai negara Teluk untuk bersama-sama melawan Iran.

Dalam pidatonya saat mengunjungi Abu Dhabi, Bush mengatakan, "Hari ini, Iran tetap sebagai negara yang paling memberi tempat bagi aksi teror di seluruh dunia. Iran mengirimkan ratusan juta dolar mendukung berbagai kelompok radikal di seluruh penjuru dunia. Padahal rakyatnya sedang menderita kesulitan, dan krisis ekonomi. "

Bak seorang pahlawan, Bush kemudian menghimbau kepada rakyat Iran untuk menekan pemerintah mereka agar mereka bisa mendapatkan suasana kehidupan yang lebih baik. "Kami menyerukan pemerintah Teheran agar mau mendengar pendapat dan suara kalian rakyat Iran. Agar pemerintah mau memperhatikan kondisi kalian karena karena kondisi yang buruk, pemerintah kalian menolak kesempatan itu dan mengancam perdamaian serta stabilitas negara tetangga kalian. "

Bush juga mengatakan, "Kelak akan datang suatu waktu bagi rakyat Iran, memiliki pemerintah yang mengutamakan kebebasan dan keadilan, hingga menjadikan Iran termasuk dalam keluarga besar negara dunia yang merdeka. Ketika itu terwujud, maka kalian tidak akan mendapatkan sahabat yang paling baik dari Amerika. "

Bush yang berkunjung ke Emirat Arab sebagai tujuan ke tiga dalam safarinya ke Timur Tengah setelah ke Kuwait dan Bahrain juga menyebutkan, "Prilaku Iran mengancam keamanan negara di semua tempat. Karenanya, AS menegaskan komitmen keamanannya sejak waktu lama terhadap para kolega AS di Teluk, menghimbau para kolega di seluruh dunia untuk bersama-sama melawan ancaman ini, sebelum terlambat. "

Bush menuding Iran mendukung Hamas di Palestina dan juga mengirimkan pasukan bersenjata Syiah di Irak, dan juga Hizbullah di Libanon. "Iran ingin berusaha menteror negara tetangganya dengan rudal dan perintah permusuhannya, " tambah Bush. (na-str/iol)