AS Rilis Travel Warning dan Menutup Kedutaannya di Semenanjung Arab

kantor asAmerika Serikat mengeluarkan peringatan di seluruh dunia pada hari Jumat tentang adanya indikasi  rencana dari al-Qaida untuk melancarkan serangan di Timur Tengah atau Afrika Utara pada bulan Agustus.

Departemen Luar Negeri mengeluarkan peringatan di seluruh dunia untuk warga AS sehari setelah mengumumkan bahwa sejumlah kedutaan akan menutup pada hari Minggu sebagai tindakan pencegahan.

Departemen Luar Negeri mengatakan serangan itu mungkin “khususnya di Timur Tengah dan Afrika Utara, dan mungkin terjadi di atau berasal dari Jazirah Arab.”

“Informasi saat ini menunjukkan bahwa al-Qaeda dan organisasi-organisasi afiliasinya terus merencanakan serangan teroris baik di wilayah ini dan sekitarnya, dan bahwa mereka dapat memfokuskan upaya untuk melakukan serangan dalam periode  sekarang hingga akhir Agustus,” kata Departemen Luar Negeri dalam peringatan perjalanan bagi warga AS di seluruh dunia.

Peringatan itu memperingatkan “potensi teroris untuk menyerang sistem transportasi umum dan infrastruktur pariwisata lainnya.”

Juru bicara Departemen Luar Marie Harf mengatakan sebelumnya bahwa Amerika Serikat akan menutup sejumlah kedutaan besar dan konsulat pada hari Minggu, hari kerja di sebagian besar negara teluk.

Dia mengatakan bahwa beberapa kedutaan atau konsulat  memutuskan untuk tetap tertutup walau di luar hari Minggu. (Arby/Dz)