AS Akan Amankan Senjata Kimia Suriah Dengan Serangan Darat Bila Diperlukan

Para pejabat AS sedang mendiskusikan dengan pemerintah Negara Negara Timur Tengah mengenai langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa bahan kimia Suriah dan senjata biologi dijamin aman ketika Bashar al-Assad meninggalkan kantor kepresidenan , Menteri Pertahanan Leon Panetta mengatakan Kamis kemarin.

“Kami tidak berbicara tentang apakah diperlukan serangan pasukan darat, tetapi itu tergantung pada apa yang terjadi di masa transisi ini,” tambah Leon Panetta kepada wartawan.

Ditanya apakah ia telah mengesampingkan kemungkinan menempatkan pasukan AS di Suriah untuk mengamankan senjata tersebut, Panetta mengatakan: “Anda harus selalu menjaga semua kemungkinan , jika ada transisi damai dan organisasi internasional terlibat, mungkin saja mereka  meminta bantuan dalam situasi yang tidak aman tersebut, tapi hingga saat ini kami tidak diminta untuk itu. ”

“Mencegah rezim Suriah dari menggunakan senjata kimia, kini beralih isunya agar senjata tersebut jangan sampai di raih oleh “mereka” , kata US Army Jenderal Martin Dempsey, ketua Gabungan Kepala Staf. (dz/Cnn)