Arab Saudi Dukung Penuh Lindungi Stabilitas Pemerintahan (kudeta) Mesir dari Pihak Luar

menlu saudi1Arab Saudi menyatakan pada hari Selasa berharap bahwa tidak ada langkah-langkah internasional  oleh pihak manapun yang mungkin menggagalkan upaya pemerintah (kudeta) Mesir untuk memulihkan stabilitas negaranya sendiri.

“Kami berharap masyarakat dunia untuk mendukung upaya pemerintah (kudeta) Mesir untuk mencapai keamanan, stabilitas dan kemakmuran , kita semua berharap untuk melihat dan tidak mengambil langkah-langkah atau mengadopsi kebijakan yang mungkin menggelincirkan dan melumpuhkan usaha-usaha mereka ,” pernyataan Menteri Luar Negeri Pangeran Saud al-Faisal seperti yang dikutip oleh kantor berita negara SPA.

Pangeran al-Faisal juga menyatakan harapan kerajaan “bahwa semua kekuatan politik di Mesir akan mengambil bagian dan berkontribusi terhadap upaya meningkatkan persatuan nasional dan koherensi rakyat Mesir.”

Pernyataan Al-Faisal menanggapi rencana Amerika Serikat untuk  meninjau bantuan keuangan kepada Mesir dan pertemuan Uni Eropa pada Rabu untuk membahas kemungkinan pemotongan pinjaman atas respon terhadap tindakkan kekerasan di Mesir.

Gedung Putih mengatakan pada hari Selasa bahwa adanya laporan media yang menyebutkan  bahwa Amerika Serikat telah memotong bantuan ke Mesir adalah tidak akurat, ia menambahkan bahwa Presiden Barack Obama akan mengadakan pertemuan tingkat kabinet untuk membahas masalah tersebut. (Arby/KH)