Apakah Amerika Serikat Berhasil di Irak?

Sebuah lelucon Hollywood tentang Iraq beredar. Dikisahkan, seorang sutradara kawakan spesialis genre-perang ditanya oleh para wartawan, "Apakah Anda akan membuat film tentang perang Irak?"

Si sutradara, dengan cengengesan berujar, "Mengapa harus membuat film tentang perang Irak? Bukankah kita menang di sana?"

Tanya jawab itu hanya lelucon lama. Menguak kembali seiring dengan pemberitaan penarikan tentara AS di Irak sekarang ini. Namun, benarkah Amerika sukses di Irak?

Bruce E. Gronbeck, profesor komunikasi politik di University of Iowa, mengatakan: bahwa mendefinisikan "kesuksesan" di Irak setidaknya sama sulitnya dengan mendefinisikan sukses di Vietnam, untuk semua alasan yang hampir sama. Dia malah memberikan pertanyaan balik: apakah Irak merupakan keberhasilan pelaksanaan tujuan kebijakan luar negeri AS di dekade terakhir abad kedua puluh?

Gronbeck menjawab tegas: tidak. Menurutnya, Amerika sama sekali tidak menuai sukses apapun di Irak. "Misi Irak adalah kegagalan yang menyedihkan."

Gronbeck bahkan kemudian mengingatkan, setelah bertahun-tahun, rakyat Amerika masih saja terus mendengungkan "No more Vietnams" dan karenanya menjadi sangat trauma. (sa/thehill)