Apa Sih Pengertian Taaruf? Ini Penjelasannya

Eramuslim – TAARUF, jadi salah satu cara perkenalan lawan jenis ketika berniat untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan. Namun sebagian orang masih ada yang belum mengetahui apa itu taaruf, dan bagaimana tata caranya.

Ketua Program Pendidikan Manhaj Istinbath Fatwa Lembaga Dakwah Thariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah (LDTQN) Ponpes Suryalaya Jakarta, Ustadz Rakhmad Zailani Kiki mengatakan, secara syariat Islam, antara laki-laki dan perempuan tidak boleh bertemu secara berdua-duaan.

“Taaruf itu untuk saling mengenal yang sesuai dengan syariat Islam, yaitu saat melakukan taaruf ketemu langsung tidak boleh berduaan, harus ada.pihak ketiga,” katanya saat dihubungi Okezone, Kamis (16/7/2020).

Namun meski ada orang ketiga saat bertemu, haruslah menjaga jarak, tidak boleh bersentuhan, bergandengan tangan, ikhtilath (bercampur antara laki-laki dan perempuan), hingga menjaga pandangan mata keduanya.

 

Sebagaimana dijelaskan dalam salah satu riwayat hadits Abu Dawud dalam Sunannya, dan Bukhari di dalam Al-Kuna, dengan sanad keduanya dari Hamzah bin Abi Usaid Al-Anshari, dari bapaknya radhiyallahu anhuma:

أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ وَهُوَ خَارِجٌ مِنَ الْمَسْجِدِ فَاخْتَلَطَ الرِّجَالُ مَعَ النِّسَاءِ فِي الطَّرِيقِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلنِّسَاءِ اسْتَأْخِرْنَ فَإِنَّهُ لَيْسَ لَكُنَّ أَنْ تَحْقُقْنَ الطَّرِيقَ عَلَيْكُنَّ بِحَافَّاتِ الطَّرِيقِ فَكَانَتِ الْمَرْأَةُ تَلْتَصِقُ بِالْجِدَارِ حَتَّى إِنَّ ثَوْبَهَا لَيَتَعَلَّقُ بِالْجِدَارِ مِنْ لُصُوقِهَا بِهِ