Juli 2010, Bulan Paling Mematikan Di Iraq

Ya, apa kabar Iraq sekarang? Dalam beberapa bulan belakangan ini, sehubungan dengan semakin deras alur pemberitaan Afghanistan yang makin buruk, Iraq seperti terlupakan. Orang sejenak berpikir bahwa Iraq sudah ditinggalkan oleh pasukan asing.

Padahal, menurut Al-Jazeera, kekerasan di Iraq sekarang ini memasuki periode terburuk sejak dua tahun terakhir. Pada bulan Juli yang lalu saja, dilaporkan sebanyak 535 orang setidaknya telah tewas terbunuh, dan ini menjadi bulan yang paling mematikan sejak bulan Mei 2008.

Kementrian kesehatan, pertahanan, dan dalam negeri Iraq menunjukkan bahwa perincian jumlah yang tewas adalah 396 warga sipil, 89 polisi, dan 50 tentara. Sementara sejumlah 1.043 dilaporkan mengalam luka parah akibat kekerasan.

Namun militer Amerika pada hari Senin kemarin memberikan bantahan bahwa jumlah yang tewas tidak sebanyak itu pada kenyataannya.

Menurut sebuah pernyataan yang dikirimkan kepada para jurnalis, militer AS mengatakan bahwa hanya 222 orang saja yang terbunuh bulan juli kemarin, dan hanya 727 orang yang mengalami luka parah.

"Klaim bahwa Juli merupakan bulan paling mematikan di Iraq sejak Mei 2008 adalah tidak benar." ujar pernyataan itu.

Namun, pernyataan itu tidak menyatakan rincian jumlah korban itu. (sa/jzr)