Apa Itu Operasi Odyssey Dawn?


Operasi Odyssey Dawn (Fajar Odyssey) resmi diluncurkan pada hari Sabtu pekan lalu dengan klaim untuk menegakkan Resolusi Dewan Keamanan PBB tahun 1973. Operasi ini ditujukan untuk menghentikan pasukan Gaddafi yang telah menganiaya penduduk sipil karena peperangan selama sebulan. Apa sebenarnya operasi ini?

Kata Odyssey berasal dari bahasa Yunani, Ὀδύσσεια, (Odysseia) adalah salah satu dari dua puisi Yunani kuno yang dikaitkan dengan tokoh Homer dan Iliad. puisi ini terutama berpusat pada Odiseus, pahlawan Yunani (atau Ulysses, karena ia dikenal dalam mitos Romawi) dan perjalanan pulang yang panjang setelah jatuhnya Troy. Dibutuhkan sepuluh tahun bagi Odysseus untuk mencapai Ithaca setelah sepuluh tahun Perang Troya. Dalam ketidakhadirannya, diasumsikan dia telah meninggal, dan istrinya Penelope dan anaknya, Telemachus harus berhadapan dengan sekelompok orang yang susah diatur.

Operasi ini mencakup serangan pesawat udara dan kapal dari delapan negara, dan berada di bawah komando Amerika. Jet tempur Prancis menembakkan tembakan pertama pada hari Sabtu.

Operasi Odyssey Dawn berada di bawah kewenangan Jenderal Carter Ham, panglima perang Amerika Serikat Africa Command (AFRICOM), Unified Komando Kombatan Departemen Pertahanan. Arah taktis operasi berada di bawah komando Laksamana Sam Locklear, Komandan Pasukan Angkatan Laut Amerika Serikat Eropa kapal USS Mount Whitney (LCC-20) di Laut Mediterania.

Eropa sebenarnya terbagi dalam masalah ini meskipun alibi PBB untuk persatuan, sedangkan AS, yang saat ini terlibat dalam dua perang di negara-negara Muslim, mengatakan tujuan utama operasi ini adalah menurunkan Gaddafi.

Selain Prancis, Amerika Serikat dan Inggris, Denmark diakui sebagai negara tercepat dalam menanggapi resolusi Dewan Keamanan PBB ini. (sa/aby/wkpedia)