Anti Islam, PM Italia Minta Seorang Menterinya Mundur

Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi meminta menterinya Roberto Calderoli untuk mengundurkan diri terkait dengan pernyataannya yang anti Islam. Hal tersebut diakui oleh Calderoli seperti dikutip Reuters, Rabu (15/2). "Ia (Berlusconi) bahkan meminta saya untuk mundur," katanya.

PM Italia meminta menterinya yang berasal dari partai anti imigran Nothern League itu mundur, setelah Calderoli mengatakan bahwa dirinya akan membagi-bagikan T-Shirt bergambar kartun Nabi Muhammad Saw.

"Saya punya T-Shirt dengan gambar kartun yang membuat umat Islam marah dan saya akan mengenakannya hari ini," kata Calderoli pada Selasa (14/2).

Berlusconi mengatakan ia ingin mengembangkan dialog antara Islam dan Barat. "Upaya dialog merupakan salah satu kebijakan luar negeri kami yang menjadi prioritas," katanya pada para wartawan Rabu kemarin.

Namun Calderoli mengatakan, Barat tidak perlu berupaya mendengarkan mereka yang memprotes kartun-kartun tersebut. "Saya meyakini agama yang penuh cinta dan bukan akan yang penuh kebencian yang dianut sebagian orang. Saya meyakini bahwa kita semua harus dihormati. Tidak mungkin orang datang ke rumah kita dan ingin memaksakan tradisinya pada kita," kata Calderoli berargumen. (ln/iol)