Anggota Dewan AS Tuding Saudi Danai Terorisme

Sejumlah anggot dewan legislatif AS menuding Arab Saudi sebagai negara yang ikut membiayai terorisme. Atas alasan tersebut mereka berusaha mencegah agar AS tidak melakukan bisnis senjata dengan negara kaya minyak itu.

Sedikitnya 13 anggota dewan dari Partai Republik dan 80 anggota dewan dari Partai Demokrat menandatangani resolusi yang isinya menentang penjualan produk senjata AS ke Arab Saudi. Namun resolusi itu, menurut Zach Wamp anggota dewan dari Republikan, tidak akan dibawa ke forum untuk dilakukan voting secara resmi.

Republikan lainnya Sue Myrick mengatakan, "Terus terang saja, saya tidak melihat alasan bagi Arab Saudi membutuhkan teknolog ini."

"Persenjataan merupakan teknologi ofensif. Saya merasa sangat tidak masuk akal, makanya sikap saya adalah, jika mereka (Saudi) adalah teman kita… mereka harus bersikap seperti layaknya seorang teman dan berhenti memberikan dana bantuan pada kelompok-kelompok radikal, " sambung Myrick.

Seperti diberitakan, tanggal 14 Januari kemarin pemerintahan Bush mengumumkan rencana penjualan bom-bom pintarnya senilai 123 juta dollar ke Arab Saudi. Penjualan bom-bom pintar itu, adalah bagian dari paket penjualan senjata senilai 20 milyar dollar yang ditawarkan Bush saat kunjungannya ke Saudi dan negara-negara Teluk Persia belum lama ini. (ln/presstv)