Amjad: Laksamana Muslim Pertama di AL Inggris

Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengumumkan penobatan seorang muslim kelahiran Pakistan, Amjad Hussain sebagai orang muslim pertama yang mendapatkan pangkat Admiral di Angkatan Laut Inggris. Demikian ungkap sebuah harian Inggris, Jum’at (14/04/06).

Admiral adalah jenjang kepangkatan setingkat Laksamana yang selama ini belum pernah dijabat oleh orang non kulit putih di AL Inggris. Harian Inggris The Sun mengatakan, “Amjad adalah seorang muslim keturunan asli Pakistan, orang non kulit putih yang mendapatkan pangkat Rear Admiral (Laksamana Muda). Itu adalah pangkat tertinggi yang pernah diraih seseorang dari ras kulit berwarna, di antara 200 ribu prajurit di angkatan besenjata kerajaan Inggris.”

Amjad Hussain mengatakan, “Saya sungguh merasa sangat beruntung karena saya hidup di sebuah negara yang memberi kesempatan Anda merealisasikan impian Anda.” Lelaki berusia 48 tahun ini melanjutkan, “Saya mencitai kehidupan laut sebagaimana saya juga senang atas kepercayaan komandan kepadaku.”

Hussain mengungkapkan kebanggaannya karena menjadi bagian dari institusi yang memberinya perhatian besar kepada apa yang dilakukan seseorang yang jauh dari negara asalnya. “Saya ini sama dengan kebanyakan orang yang mendapatkan kemajuan dalam tugas saya. Saya tidak suka berfikir bahwa seseorang akan naik pangkatnya karena asal rasnya,” imbul Admiral Hussain.

Dia menjelaskan bahwa semua laut memberi kesempatan yang adil, terlepas dari warna kulit, kebangsaan dan ideologinya. Meski demikian, Hussain tidak menampik bahwa di awal-awal hidupnya di Inggris dia mengalami banyak ritangan.

Mengenai berbagai rintangan yang dihadapi Hussain di awal kehidupannya di Inggris dia mengatakan, “Rintangan itu kadang datang dari seseorang yang menggelari dengan nama-nama rasial. Hal inilah yag membuat saya sangat sakit pada hari-hari pertama di sini.”

Hanya saja dia menegaskan bahwa perilaku dari sebagian orang-orang rasialis semacam itu tidak memberikan dampak berarti pada dirinya atau pada tugasnya. “Ketika orang mengenal saya dan berinteraksi dengan saya, semua persepsi yang ada sebelumnya hilang,” katanya.
Juru bicara resmi AL Inggris terus terang bahwa Admiral Amjad Hussain telah berhasil memenangkan persaingan besar, sehingga dia berhak mendapatkan pangkat yang merupakan rangking keempat dari pangkat tertinggi di AL Inggris.

Nama Amjad Hussan pernah menghiasi judul-judul media Inggris pada tahun 1989 ketika mengawal mendiang Putri Diana dalam pesiar di atas kapal “HMS Cornwall”. Dia juga pernah mengawal ratu Inggris dalam kapal pesiar lain dalam salah satu kegiatan resmi kerajaan.

Amjad pindah dari Pakistan ke Inggris pada tahun 1962 bersama ibunya untuk menyusul ayahnya yang bekerja di jawatan kerena api Inggris sebelum mendirikan sebuah peruhahaan kecil di bidang property.

Harian Inggris menyebut Admiral Amjad adalah model percontohan tentang asimilasi di masyarakat Inggris. (was/iol)