Amerika Karam Bermula Dari Kalifornia?

Jika ingin melihat Amerika, lihatlah Kalifornia. Konon, sejak ratusan tahun, negara bagian yang sekarang dipimpin oleh Arnold Schwarzenegger ini merupakan gambaran Amerika yang sesungguhnya dalam segala bidang.

Menurut Jamie Dimon, ketua dari JP Morgan Chase, kondisi ekonomi Kalifornia sekarang ini bahkan lebih buruk daripada Yunani. Seperti kita tahu, saat ini Yunani sedang terbelit utang luar biasa besar, dan krisis yang hebat.

Dimon mengatakan kepada investor di Wall Street pada pertemuan tahunan bahwa jika Kalifornia, negara bagian terbesar di Amerika Serikat, memiliki masalah dalam pembayaran utang. Saat ini Kalifornia mempunyai utang serta defisit anggaran sekitar $ 20 milyar.

Awal pekan ini, badan legislatif negara mengurangi defisit sebesar $ 2.8 milyar melalui pemotongan anggaran dan kebijakan lainnya. Namun Schwarzenegger, mantan bintang film Hollywood yang menjadi politisi, sedang mencari pemotongan $ 8.9 milyar selama 16 bulan, dan juga berharap sebanyak $ 7 milyar lainnya dari pemerintah federal.

Awal pekan ini, John Chiang, salah satu tokoh di negara bagian itu, mengatakan bahwa jika rencana yang bisa diterapkan untuk mengurangi defisit dan meningkatkan tingkat kas tidak tercapai segera, ia harus kembali untuk mengeluarkan surat hutang itu, dan itu artinya negara akan memaksa para pekerja untuk mengambil cuti tanpa dibayar tambahan dan berpotensi pembekuan pengeluaran.

Musim panas lalu, Kalifornia mengeluarkan $ 3 milyar dari surat hutang itu kepada kreditur termasuk utang penduduk pengembalian pajak sebagai cara tunai pengentasan dari krisis.

"Saya tidak bisa menulis cek tanpa uang; itu melawan hukum. Tujuan utama saya adalah untuk menjaga negara bagian tetap hidup, tetapi saya tidak akan mampu melakukannya tanpa bantuan undang-undang baru," kata Mr Chiang.

Mungkinkah dari Kalifornia juga akan merambat ke negara-negara bagian AS lainnya? (sa/telegraph)