Aliansi Anti Kudeta Mesir Serukan Demonstrasi Besar pada 4 November Mendatang

muslimah mesirAliansi Islam pendukung Mohammed Mursi pada hari Kamis menyerukan  pendukungnya untuk demonstrasi  pada 4 November yang bertepatan pada jadwal  mantan presiden Mursi akan diadili , menjadi  kekhawatiran adanya bentrokan baru.

Mursi ditahan di lokasi yang tidak diketahui sejak militer menggulingkan dia pada tanggal  3 Juli .

Aliansi ini juga menyerukan kepada rakyat di Mesir dan luar negeri untuk berdiri dibelakang para  revolusioner  yang menentang kudeta militer , dan bahwa semua kegiatan harus dilakukan dalam batas-batas demonstrasi yang damai .

Pengadilan atas  Mursi diperkirakan akan meningkatkan ketegangan-ketegangan baru antara pemerintahan boneka  militer  dan pendukung mantan presiden Mursi .

Pada tanggal 6 Oktober yang lalu , setidaknya 57 orang telah gugur , terutama di Kairo , ketika para pendukung Mursi bentrok dengan pasukan keamanan ketika mereka mencoba untuk mencapai Tahrir Square , pusat lokasi pemberontakan yang menggulingkan Hosni Mubarak pada bulan Februari 2011.

Pasukan keamanan telah terlibat dalam penumpasan para demonstran  pro – Mursi sejak  tanggal 14 Agustus . Lebih dari 3.000 orang telah gugur  sejak itu, dan lebih dari 2.000 aktivis Ikhwan termasuk Mursi dan beberapa pemimpin Ikhwanul Muslimin  telah ditahan di seluruh negeri . (Arby/Dz)