Ali Khamenei : Iran Tidak Akan Menghentikan Pengembangan Nuklir

khameneiPemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan pada hari Rabu bahwa Iran tidak akan pernah menghambat program penelitian nuklirnya , mendesak para perunding dari negaranya untuk tetap tegas ketika berhadapan dengan kekuatan dunia atas program nuklir negara itu .

“Negosiasi ini harus terus dilanjutkan , ” katanya kepada ilmuwan nuklir di Teheran , menurut kantor berita resmi IRNA melaporkan . ” Tapi semua harus tahu bahwa negosiasi tidak akan menghentikan atau memperlambat setiap kegiatan penelitian dan pengembangan nuklir . ”

” Prestasi nuklir negara itu tidak dapat dihentikan , dan tidak ada yang memiliki hak untuk tawar-menawar  atasnya , ” tambahnya .

Para perunding dari Iran dan yang disebut P5 -plus -one – Amerika Serikat , Rusia , China, Inggris , Perancis dan Jerman – adakan dua hari  pembicaraan di Wina untuk mulai menyusun perjanjian , menurut Reuters .

Mereka akan memulai pembicaraan di ibukota Austria pada 13 Mei , ujar kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton , kepada wartawan sambil berdiri di samping Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Zarif .

” Banyak pekerjaan yang intensif  diperlukan untuk mengatasi perbedaan , ” katanya . ” Kami sekarang akan beranjak ke tahap berikutnya dalam negosiasi di mana kita akan  menjembatani kesenjangan dalam semua hal se- komprehensif mungkin. ” (Arby/Dz)