Ali Akbar : Apapun Yang Akan Serang Suriah, Berarti Sama dengan Serang Iran

Iran akan mempertimbangkan apabila ada  serangan terhadap Suriah , akan dianggap seperti serangan pada dirinya sendiri, seorang pejabat senior pemerintah yang dikutip pada hari Sabtu, salah satu pernyataan  Teheran yang paling tegas dari sekutu Suriah.

Iran adalah pendukung utama Presiden Suriah Bashar al-Assad yang memerangi pejuang pembebasan sejak  dua tahun-yang lalu. Teheran telah berulang kali memperingatkan Barat terhadap intervensi dalam konflik melawan Assad.

“Suriah memiliki peran yang sangat dasar dan utama di wilayah ini … Untuk alasan ini setiap serangan terhadap Suriah akan dianggap sebagai serangan terhadap sekutu Iran dan Iran, “kata Ali Akbar Velayati, orang dekat pemimpin tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, menurut kantor berita Mehr.

Teheran melihat Damaskus sebagai bagian dari sumbu oposisi terhadap pengaruh Israel dan Barat di Timur Tengah.

Muslim Syi’ah  Iran dan Suriah, yang pemimpinnya berkiblat dari Islam Syiah, menandatangani sebuah pakta pertahanan bersama pada tahun 2006, tetapi sedikit yang diketahui tentang rincian atau apakah ada penandatangan lainnya.

Iran menuduh negara-negara Barat dan negara-negara regional untuk mendukung dan mempersenjatai pemberontak Suriah, sementara pejuang pembebasan menuduh Iran mengirimkan militer dari Garda Revolusi  untuk membantu Assad menghancurkan pemberontakan. (DZ/Al Arabiya)