Akhirnya Polisi Inggris Benar-Benar Mencabut Kamera Pengintai Terhadap Muslim

Polisi Inggris dilaporkan akan segera menghapus semua kamera pengintai yang sudah disiapkan di sebagian besar wilayah Muslim di Birmingham. Seperti diketahui, pihak keamanan Inggris secara terang-terangan memang akan memata-matai komunitas Muslim lokal, Birmingham Mail melaporkan pada Selasa (26/10) kemarin.

Rencana ini sudah menelan anggaran sekitar 3m £, disebut juga Proyek Champion, dan memasang 200 kamera pengintai CCTV, beberapa tersembunyi, di West Midlands untuk diam-diam memata-matai warga Muslim setempat.

Proyek ini, dijalankan oleh unit polisi anti-teror dengan persetujuan Departemen Dalam Negeri dan badan intelijen MI5, yang ditujukan untuk pemantauan Muslim.

Polisi selama ini telah berbohong kepada penduduk Muslim mengklaim bahwa CCTV hanya digunakan untuk membantu mengurangi perilaku anti-sosial dan kejahatan kendaraan.

Program ini dihentikan pada bulan Juni lalu setelah protes dari warga dan juru kampanye hak-hak sipil, sehingga tak punya pilihan selain membongkar kamera-kamera itu.

Sara Thornton, kepala polisi Thames Valley, menyalahkan pihak keamanan karena memata-matai warga Muslim setempat. (sa/onislam)