Akankah Penjahat Perang Bosnia Itu Diadili?


Mantan pemimpin Serbia, Bosnia Radovan Karadzic akan diadili di Den Haag pada hari Senin 26 Oktober mendatang.

Ini adalah kedua kalinya dalam seminggu bahwa sidang – dimuali sejak 19 Oktober lalu- digelar kembali. Tadinya Karadzic berupaya untuk menunda pengadilan sampai 10 bulan, namun ditolak oleh pengadilan.

Karadzic dituntut dengan 11 dakwaan kejahatan perang dan perang terhadap kemanusiaan, termasuk genosida, pada perang Bosnia. Pada tahun 1995, Serbia pimpinan Karadzic melakukan pembantaian lebih dari 8.000 Muslim di Srebrenica.

Karadzic ditangkap di Serbia dan dibawa ke Pengadilan Kriminal Internasional, setelah lebih dari satu dekade dalam persembunyian.

Dalam pengadilan ini ia berulangkali meminta imunitas hukum. Namun dengan tegas pengadilan menolaknya. Karadzic mengedepankan nama mediator ASRichard Holbrooke pada tahun 1996 jika ia meninggalkan kehidupan sosialnya, namun berulang kali pula ditolak oleh Holbrooke.

Para hakim menegaskan Selasa kemarin bahwa tak ada yang menghalangi cara untuk mengadili Karadzic. Hmm, karena ini menyangkut umat Islam, dan sudah terbiasa pengadilan internasional bersikap bias, kita lihat saja. (sa/bbc)