Akankah Hillary Clinton Menjadi Menteri Pertahanan AS?

Apakah Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton saat ini tengah mempertimbangkan menjadi menteri pertahanan AS berikutnya setelah Robert Gates mengundurkan diri?

Itulah pertanyaan yang ditanyakan kepada Clinton dan Gates selama wawancara bersama dengan ABC News ketika mereka berada di Australia. Acara itu disiarkan Selasa dalam acara"Good Morning America."

Presiden Barack Obama diharapkan untuk menata ulang pemerintahannya menyusul peta kekuatan kongres hasil pemilu pekan kemarin.

Ada banyak spekulasi yang beredar tentang siapa yang akan masuk dan keluar di Washington.

Gates, peninggalan dari pemerintahan Republik George W. Bush, telah mengisyaratkan niatnya untuk mengundurkan diri tahun depan. "Kami datang bersama-sama, kami juga harus pergi bersama-sama, itu teori saya," kata Clinton sambil tertawa dan duduk di sebelah Gates.

Ketika Gates ditanya apakah Clinton bisa melakukan pekerjaannya, Gates menjawab: "Tentu."

Kemudian Gates menambahkan: "Saya akan mengatakan ini, saya pikir bahwa salah satu kekuatan besar Hillary pada pekerjaannya sebagai sekretaris negara adalah sebagai juru bicara Amerika Serikat di seluruh dunia. Itu bukan peran menteri pertahanan."

Lantas, bagaimana jika Obama meminta Hillary untuk menjadi menteri pertahanan? "Saya jelas mencintai pekerjaan yang saya kerjakan sekarang," jawab Clinton.

Mantan Ketua DPR dari Republik, Newt Gingrich mengatakan bahwa Clinton akan menjadi seorang menteri pertahanan yang baik.

"Nah kalau dia menjadi menteri pertahanan, maka ia akan hebat," kata Gingrich.

"Dia berpengetahuan luas, tangguh, saya pikir dia akan menjadi bek militer yang sangat agresif," katanya. (sa/msnbc)