Adakah Pemakaman Muslim Untuk Muslim Swiss?

Jika seorang Muslim di Swiss meninggal, dipastikan, bukan hanya suasana duka yang menyelimuti, tapi juga kebingungan yang sangat. Apa pasal? Ya, dimana harus menguburkannya? Karena selama ini tidak ada satupun di Swiss pemakaman untuk orang Islam.

Padahal layaknya manusia yang sama hidup di muka bumi, siapapun harus mendapatkan penghargaan yang layak.

Farhad Afshar, presiden Koordinasi Organisasi Islam di Swiss, mengatakan kepada surat kabar Minggu Sonntag bahwa ia sedang menyiapkan kasus hukum mengenai kebebasan beragama.

Dia mengatakan bahwa setelah komune Bernese Köniz menolak pekuburan terpisah bagi Muslim Swiss baru-baru ini, sebuah putusan hukum diperlukan agar "ketika berikutnya seseorang mengatakan tidak ada pemakaman Islam, mereka melanggar kebebasan beragama."

Hukum Islam mengatakan umat Islam tidak boleh dikuburkan dengan orang-orang non-Islam, sesuatu yang tak dapat dihindari di beberapa kota di Swiss, misalnya Zurich, Bern, Basel dan Jenewa.

Komunitas Muslim di Swiss menyumbang sekitar 4,5 persen dari populasi. Sebagian besar imigran Muslim berasal dari bekas Yugoslavia dan Turki. (sa/tp)