Ada Kemungkinan, Pesawat Malaysia Airways Hilang Dibajak

masPerdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan hari Sabtu bahwa  penerbangan MH370 hilang karena tindakan yang disengaja yang membalikan pesawat  kembali ke Malaysia dan seterusnya melanjutkan ke arah barat .

Najib mengatakan dalam konferensi pers bahwa tim investigasi telah menegaskan bahwa  pesawat yang dilacak oleh radar militer adalah  Malaysia Airlines yang hilang setelah komunikasinya  mati sebelum mencapai pantai timur Malaysia seminggu yang lalu .

” Meskipun laporan media pesawat itu dibajak , saya ingin jelaskan  , kami masih menyelidiki segala kemungkinan apa yang menyebabkan jalur penerbangan MH370 menyimpang , ” kata Najib .

Hal itu terungkap pada hari Jumat bahwa bukti radar pelacakan militer menyimpulkan bahwa pesawat  Malaysia Airlines yang hilang telah sengaja melintasi Semenanjung Melayu-Kepulauan Andaman , menurut sumber-sumber yang dikutip oleh Reuters .

Pemerintah India juga  melaporkan sebagai adanya pesawat tak dikenal yang melintas . para peneliti percaya pesawat itu adalah Flight MH370 , melintasi  rute antara titik arah navigasi – menunjukkan pesawat itu diterbangkan oleh seseorang yang sudah ahli – ketikapesawat itu tertangkap sinyalnya  pada radar militer di lepas pantai barat laut negara itu .

” Pesawat itu diterbangkan oleh pilot dan kompeten , ” kata pejabat  yang terlibat dalam pencarian dan operasi penyelamatan .

Titik sinyal  terakhir pada pelacakan radar militer menunjukkan pesawat terbang menuju Kepulauan Andaman India , sebuah barisan kepulauan antara Laut Andaman dan Teluk Benggala , kata sumber tersebut.

Kemungkinan lainnya yang  tidak dikesampingkan adalah pesawat jatuh karena kehabisan bahan bakar .

Sumber terpercaya dengan penyelidikan hilangnya pesawat itu menjelaskan kepada kantor berita Reuters bahwa pesawat mungkin telah kehabisan bahan bakar dan jatuh ke Samudera Hindia setelah terbang ratusan mil dari jalur . (Arby/Dz)