74% Warga Pakistan Anggap AS Sebagai Negara Musuh

74% Warga Pakistan Anggap AS Sebagai Negara Musuh

74 persen Warga Pakistan menyatakan Amerika Serikat sebuah negara musuh, sebuah survei baru yang dilakukan oleh Proyek Pew Global Attitudes yang berbasis di Washington menunjukkan.

Survei Pew, yang diterbitkan di situsnya, Rabu kemarin (27/6), mengatakan bahwa beberapa tahun yang lalu hanya 69 persen yang membenci AS tetapi di 2012 angka itu melonjak menjadi 74 persen.

Survei tersebut juga menunjukkan sangat rendahnya pandangan terhadap Presiden AS Barack Obama di kalangan warga Pakistan. Mereka percaya Obama adalah sama buruknya dengan mantan Presiden AS George W. Bush.

Hubungan AS-Pakistan menegang karena meningkatnya korban sipil akibat serangan pesawat tak berawak AS dan beberapa isu lainnya.

Di bawah tekanan publik yang kuat, Islamabad menutup perlintasan perbatasan yang digunakan mentransfer pasokan NATO untuk pasukan asing pimpinan Amerika yang menduduki Afghanistan pada bulan November 2011 setelah 24 tentara Pakistan tewas dalam serangan udara pimpinan AS pada dua pos pemeriksaan di perbatasan Afghanistan.(fq/prtv)