600 Nyawa Melayang Akibat Serangan Bom Kimia Gas Syaraf Rezim Assad

korban serangan kimiaSetidaknya 640 orang telah gugur dalam serangan senjata kimia rezim Assad berupa gas saraf pada daerah Ghouta Suriah, aktivis di Suriah mengatakan , pada saat yang sama  ratusan orang juga dilaporkan terluka.

Sebagai tanggapan atas tragedi tersebut , oposisi Koalisi Nasional Suriah menyerukan perlu diadakan segera pertemuan  Dewan Keamanan PBB .

“Saya menyerukan kepada Dewan Keamanan untuk mengadakan pertemuan segera,” kata pemimpin Koalisi Nasional Ahmed al-Jarba . Ia mengutuk pemboman tentara rezim Assad di  Ghouta pinggiran Damaskus sebagai “pembantaian.”

Sementara itu, Liga Arab menyerukan PBB  untuk melakukan inspeksi senjata kimia segera di dalam wilayah Suriah dan segera mengunjungi lokasi kejadian.

Kepala Liga Arab,  Nabil Arabi mendesak inspektur pengawas  untuk segera meninjau  Ghouta Timur untuk melihat realitas situasi dan menyelidiki dampak kejahatan ini.”

Aktivis di Suriah mengatakan, saat kejadian terdapat sebuah pesawat tempur rezim Assad terbang di atas daerah itu dan lakukan  pemboman , mereka memastikan  pasukan  al-Assad menggunakan bahan kimia.

Komite Koordinasi Lokal (LCC), jaringan aktivis melaporkan terdapat ratusan korban akibat “kebrutalan penggunaan gas beracun oleh rezim pidana di bagian Barat Ghouta.” (Arby/KH)