6 Teknik Motivasi yang Dilakukan oleh Nabi Muhammad

Eramuslim – Baik di tempat kerja maupun di sekolah, ada kalanya kita berada di kondisi terpuruk. Dalam kondisi tersebut, kita membutuhkan motivasi yang dapat membuat kita tetap bertahan. Ini sama halnya yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ketika dia memotivasi para sahabatnya, sehingga kehidupan mereka lebih menyenangkan dan berarti bagi Allah.

Departemen Kajian Umum di International Islamic University Kuala Lumpur, Malaysia melakukan penelitian berjudul The Impact of Prophet Muhammad Motivation Techniques on Students Performance pada 2012. Kajian ini melibatkan psikolog kognitif dan perilaku yang didasarkan pada literatur Hadits kumpulan Sahih Imam Al-Bukhari, Imam Muslim, Sunan Abu Daud, dan Sunan Tirmidzi.

Berikut enam teknik motivasi yang dilakukan oleh Nabi Muhammad, dilansir About Islam, Ahad (8/11) :

Teknik Pemberian Penghargaan

Dalam hadits riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa berniat beramal tapi tidak melakukannya, maka Allah akan mencatatnya sebagai amalan yang utuh. Jika ia berniat melakukannya dan melakukannya, maka Allah akan mencatatnya sebagai sepuluh perbuatan baik hingga tujuh ratus kali lipat atau bahkan lebih. Jika dia berniat untuk melakukan perbuatan buruk dan tidak melakukannya, maka Allah akan mencatat untuknya satu perbuatan baik yang lengkap. Jika dia melakukannya maka Allah akan mencatat untuknya satu perbuatan buruk.

Prinsip dari hadits ini adalah menerima pahala setiap menyelesaikan suatu tugas. Jika usaha yang diselesaikan berkaitan dengan masyarakat, harus dilakukan secara publik.