50 Yahudi Paling Berpengaruh Di Dunia. Siapa Saja?

Jerusalem Post baru saja merilis 50 Orang Yahudi Paling Berpengaruh Di Dunia. Siapa sajakah mereka? Menduduki posisi pertama adalah Perdana Menteri Benyamin Netanyahu.

Menanggapi "penghargaan" ini Netanyahu berkomentar, "Fakta bahwa perdana menteri Negara Israel hari ini dipandang sebagai orang Yahudi di dunia yang paling berpengaruh menunjukkan perubahan bersejarah Zionisme yang telah disumbangkan pada orang Yahudi." Ia menambahkan, "Dari hanya menjadi penonton di panggung internasional, hari ini orang-orang Yahudi mengendalikan nasib mereka sendiri dan telah kembali menjadi sebuah keluarga atau bangsa."

Netanyahu menegaskan bahwa ketika Israel didirikan pada tahun 1948, "hanya sekitar 5% dari populasi Yahudi dunia yang tinggal di negara baru itu. Saat ini, Israel berisi komunitas Yahudi terbesar di dunia."

Bagi Netanyahu, posisinya yang menempati urutan teratas, adalah suatu kehormatan dan "transformasi mendalam yang telah terjadi dalam realitas kehidupan untuk orang-orang Yahudi selama 62 tahun terakhir."

Di posisi kedua ada adalah Ketua Gubernur Bank Sentral AS, Ben Bernanke, kemudian Rahm Emanuel (kepala staf Gedung Putih), pendiri Google Sergey Brin dan pelopor energi alternatif, Shai Agassi.

Seorang pejabat teras Gedung Putih, David Axelrod, muncul di urutan no 8. Lalu Alan Solow, Ketua Konferensi Presiden Organisasi Utama Yahudi Amerika disebut di No 11.

Alan Dershowitz, profesor hukum Harvard menempati urutan no 9 untuk kerja advokasi yang pro-Israel. (sa/jp)