3 Negara Syiah Satukan Strategi untuk Perangi Islamic State

syiah 3Menteri Luar Negeri rezim Syiah Suriah Walid Moallem mengatakan pada hari Senin dalam kunjungan ke Teheran bahwa Iran mendukung upaya Rusia untuk mengakhiri konflik lebih dari tiga tahun negaranya.

Oposisi Suriah yang diakui barat dan rezim Presiden Bashar al-Assad akan melakukan perjalanan ke Moskow pekan ini untuk pertemuan yang  membahas proses perdamaian baru di sana.

Pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov akan mencakup pembicaraan tentang solusi politik atas konflik   Suriah.

Moallem, setelah pertemuan dengan timpalannya dari Iran Mohammad Javad Zarif , mengatakan pada konferensi pers bersama: “Saya mendengar Zarif mendukung rencana ini. Tidak ada keraguan Iran akan membantu mencapai solusi politik. ”

Utusan PBB untuk Suriah Staffan De Mistura merencanakan “gencatan senjata” pertempuran di daerah setempat, yang memungkinkan pengiriman bantuan dan untuk meletakkan dasar bagi pembicaraan damai, juga akan dibahas di Rusia.

Iran , sekutu utama Assad, telah mengakui terlibat dalam mengirimkan penasihat militer untuk membantu pasukan Assad  melawan mujahidin Islam dan pemberontakan dari oposisi pro barat .

Assad mengatakan pada bulan November bahwa rencana De Mistura  “layak dipertimbangkan .”

Di Teheran, Moallem juga menyebutkan  dalam menghadapi pertempuran melawan Negara Islam di Irak dan Suriah , bahwa “ada kerjasama  berkelanjutan” antara Iran, Irak dan Suriah “karena kita semua melawan terorisme.”

Iran telah membantu Irak secara politik dan militer dalam memerangi IS yang saat ini menguasai sejumlah bagian Irak dan Suriah. (Arby/Dz)