20 Orang Dibantai Usai Menunaikan Shalat Subuh di Negara Bagian Kaduna Nigeria

Sejumlah pria bersenjata melepaskan tembakan ke arah kerumunan orang yang selesai menunaikan ibadah shalat subuh di masjid dan menewaskan sedikitnya 20 orang di sebuah desa terpencil yang rentan terhadap serangan bandit, di negara bagian Kaduna Nigeria utara, kata sejumlah laporan.

Warga desa Dogo Dawa mengatakan para penyerang menyerbu desa, menembak dan menikam siapa pun yang terlihat.

Banyak dari mereka yang ditargetkan adalah jamaah yang baru meninggalkan masjid.

Belum ada kelompok yang mengaku melakukan serangan itu. Beberapa laporan menganalisa serangan itu mungkin dikaitkan dengan perseteruan yang telah berjalan antara desa dan para bandit.

Setelah menyerang jamaah Masjid, para penyerang bergerak ke rumah seorang kepala masyarakat dan membunuhnya juga.

Komisaris Informasi Negara Saidu Adamu mengatakan kepada BBC sekelompok perampok telah meneror sebuah desa di utara Nigeria.

Abdullahi Muhammad, penguasa tradisional dan anggota dewan Birnin Gwari, mengatakan tersangka utama penyerangan adalah para bandit.

“Kami mencurigai serangan balas dendam oleh kelompok-kelompok perampok bersenjata yang telah kehilangan beberapa anggota mereka setelah baku tembak dengan penduduk desa dan warga,” ujarnya.

“Desa itu telah diteror oleh sebuah operasi kelompok bersenjata dari kamp-kamp orang bersenjata yang berbasis di hutan engan menyerang desa-desa dan sebagian besar pengendara di sepanjang jalan raya dari Lagos ke kaduna.”(fq/bbc)