2 Agen Intelijen Afghanistan Hilang di Washington AS

Biro Investigasi Federal (FBI) sedang mencari dua agen intelijen senior Afghanistan yang telah hilang di Washington.

Pada hari Jumat kemarin (2/11), CBS News mengidentifikasi agen-agen intelijen tersebut sebagai Mayor Mohd Farooq Ghanizada, kepala dari kontraterorisme dan Bagian Kejahatan Terorganisir, dan Kapten Alibaba Ghashee, wakil kepala Departemen untuk Amerika dan Eropa.

Kedua petugas yang hilang itu bekerja untuk dinas intelijen Afghanistan, yang dikenal sebagai Direktorat Keamanan Nasional. Keberadaan mereka tidak diketahui sejak 25 Oktober.

Ghanizada dan Khashee telah melakukan perjalanan ke Washington untuk menerima pelatihan eksekutif elit di George C. Marshall Pusat Studi Keamanan Lanjutan dalam program yang dikelola oleh pemerintah AS dan Jerman.

Seorang pejabat penegak hukum menyatakan bahwa kemungkinan dua petugas itu dalam upaya mereka untuk tinggal di AS atau pergi ke Kanada untuk mencari suaka.

Seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan tidak ada yang aneh tentang petugas intelijen Afghanistan tersebut.

“Mayor Ghanizada aktif selama FST (bidang studi perjalanan) dan selalu memberikan pertanyaan yang koheren selama pelatihan. Sedangkan Kapten Khashee lebih tenang namun hadir dan berpartisipasi dalam semua tempat,” kata pejabat itu.(fq/prtv)