Dukung Syiah, Teheran Utus Komandan Elit Garda Revolusi Ke Irak

Ghasem SuleimaniSeorang pejabat penting Iran membenarkan kehadiran komandan Pasukan Elit Al Quds, Jenderal Ghasem Suleimani di Irak, untuk membantu pemerintahan Syiah Maliki melawan milisi bersenjata Sunni Negara Islam Irak dan Syam (ISIS).

Dilansir kantor berita Associated Press menyatakan bahwa kehadiran Jenderal Ghasem Suleimani di Irak untuk memberikan konsultasi kepada pemerintah Irak menghadapi Negara Islam di Irak dan Syam (ISIS).

Perlu diketahui bahwa Brigade Al Quds adalah satuan elit dalam Garda Republik yang bertugas di luar negeri. Satuan ini antara lain aktif di Irak untuk memperkuat pengaruh kaum Syiah, mereka terlibat dalam berbagai sengketa berdarah antara kelompok Sunni dan Syiah. Ghasem Suleimani sendiri dilaporkan pernah bertugas di Irak.

Menurut surat kabar harian Inggris, The Guardian, menyebutnya Ghasem Suleimani sebagai ”penguasa Bagdad yang sebenarnya.”

Selain Teheran, pemerintahan Washington dikabarkan bersedia bekerjasama dengan Iran untuk membantu pemerintah Irak menghadapi kelompok Sunni bersenjata. (Aljazeera/Ram)