Dubes Saudi: Iran Persenjatai Pemberontak Syiah Houthi Di Yaman

Abdullah al-JubeirEramuslim – Duta besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat, Abdullah al-Jubeir, menuding rezim Syiah Iran memasok senjata dan uang kepada pemberontak Syiah Houthi untuk menyeret krisis politk di Yaman menjadi perang berkepanjangan terhadap.

Tudingan ini dilontarkan dubes Abdullah al-Jubeir di Washington DC dalam sebuah konferensi pers pada Kamis (02/03) malam.

Dalam pernyataannya, Dubes Abdullah al-Jubeir mengatakan, “Kami memiliki bukti yang nyata mengenai keterlibatan Iran dalam memasok snejata dan uang terhadap pemberontak Syiah Houthi di Yaman.”

Dubes Abdullah al-Jubeir menambahkan, “Iran dan Hizbullah Lebanon ingin memicu konflik sektarian meluas di wilayah kawasan Teluk.”

Sementara itu menaggapi pengerahan pasukan darat di wilayah Yaman, Dubes Abdullah al-Jubeir menyatakan bahwa negaranya tidak mengirim satu tentarapun ke Yaman. “Operasi kami terbatas pada serangan udara untuk mendukung pejuang kabilah dan suku yang berpartisipasi mendukung Presiden Abed Rabbo Mansur Hadi.

“Mereka akan memutuskan nasibnya sendiri. Arab Saudi beserta koalisi regional hanya menjaga Yaman dari pemberontakan Syiah Houthi yang telah mengancam stabilitas di kawasa,” ujar Dubes Abdullah al-Jubeir.

Konflik di Yaman bermula ketika pemberontak Syiah Houthi mendudui ibukota Sana’a dan memaksa Presiden Hadi untuk mengundurkan diri pada 22 Januari 2015 lalu.

Setelah berhasil menguasai ibukota, pemberontak Syiah segera mengumumkan konstitusi baru dan menyatakan perang terhadap mereka yang tidak mendukung pemerintahan Houthi. (Skynewsarabia/Ram)