Ditelantarkan Muslim Asia Tenggara, Asosiasi Muslim Rohingya Justru Dirikan Kantor Perwakilannya Di Turki

664xauto-kisah-heroik-penyelamatan-rohingya-allahu-akbar-allahu-akbar-150521aEramuslim – Senin 17 Agustus 2015, Asosiasi Solidaritas Bersama Rohingya akhirnya mendirikan kantor perwakilan pertama mereka di ibukota Istanbul, Turki, setelah sebelumnya Perdana Menteri Ahmet Davutoglu melakukan kunjungan ke provinsi Arakan, Myanmar.

Acara dimulai dengan pidato perwakilan pemerintah Turki dan dibuka secara resmi oleh ketua Asosiasi Solidaritas Bersama Rohingya, Abdullah Ma’ruf, yang kemudian dilanjutkan dengan nonton film pendek berisi tentang kondisi tragis yang dialami oleh Muslim Rohingya di provinsi Arakan.

Tercatat sejumlah tokoh penting dari organisasi-organisasi kemanusiaan lokal dan internasional turut hadir dalam pembukaan yang digelar secara sederhana di ibukota Istanbul.

Perlu diketahui bahwa Turki adalah negara Muslim pertama yang menyerukan membantu perahu Muslim Rohingya yang terombang-ambing dilautan Indonesia pada 25 Mei lalu, ditengah pengusiran TNI AL Indonesia, sebelum akhirnya ditampung gubernur provinsi Aceh. (Anatolia/Ram)