Direktur Oklahoma Center for Middle East Studies: Rencana AS Terhadap IS Di Suriah Tidak Akan Berjalan

peta kekuatan suriahSeorang analis politik direktur Oklahoma Center for Middle East Studies asal AS, Joshua Landis, mengatakan bahwa strategi AS untuk memerangi milisi ISIS dengan dukungan kelompok revolusi moderat Suriah tidak akan bekerja.

Dalam wawancaranya dengan saluran televisi CNN, Joshua Landis mengatakan “Rencana ini tidak akan bekerja karena daerah biru seperti yang ada dalam gambar dikendalikan oleh kelompok-kelompok seperti Al Qaeda dan Front Islam, dua kelompok Jihad yang menentang keras Amerika.”

“Sedangkan pejuang revolusioner moderat yang ingin dukungan Amerika hanya mengontrol antara satu sampai dua persen dari wilayah Suriah hari ini,” tambah Joshua.

“Mengharapkan mereka yang mengendalikan sekitar dua persen untuk menang atas maka pasukan Jihad Islam, ISIS, dan setelah itu tentara rezim Bashar al-Assad adalah sesuatu yang sangat tidak masuk akal,” ungkap Joshua.

Menurutnya solusi konflik di Suriah bisa dilakukan melalui pembagian negara ini menjadi dua wilayah, bagian pertama di utara dengan negara Sunni di mana milisi Islam dan ISIS, dan di sebelah selatan negara rezim Bashar al-Assad.

Joshua menambahkan bahwa AS harus menerima kenyataan adanya negara Islam Sunni yang membentang dari pinggiran Baghdad ke Aleppo, Suriah. “dan solusinya terletak pada penerimaan negara Sunni dan mencoba untuk mendukung mereka menjalankan kepemimpin yang lebih baik.” (Cnnarabic/Ram)