Direktur CIA Ungkap Alasan Dibalik Persetujuan Program Nuklir Iran

Direktur CIAEramuslim.co – Direktur Badan Intelejen Amerika Serikat CIA, John Brennan, mengatakan bahwa penyebab persetujuan dari kesepakatan nuklir Iran pada awal pekan lalu adalah bujukan Presiden Iran Hassan Rohani kepada pemimpi tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Dalam pernyataannya hari Rabu (08/04) kemarin, John Brennan mengatakan, “Presiden Hassan Rohani mengatakan bahwa ekonomi Iran akan runtuh jika Iran tidak mencapai kesepakatan dengan Barat.”

“Ini adalah kesepakatan yang paling realistis antara program nuklir Iran dengan Barat, setelah berlangsungnya pembicaraan 8 hari di ibukota Swiss,” ujar direktur aktif CIA seperti dilansir surat kabar New York Times.

Perlu diketahui bahwa surat kabar New York Times dalam edisi sebelumnya menyebut kemampuan Iran untuk pengayaan uranium menjadi senjata nuklir adalah sebuah kebohongan.

Beberapa jam setelah pengumuman tercapainya kesepakatan mengenai program nuklir Iran pada Kamis 2 April lalu, ratusan warga Iran turun ke jalan-jalan di ibukota Teheran untuk merayakan tercapainya kerangka kerja yang akan mengakhiri sanksi-sanksi ekonomi Barat terhadap Iran. (Dostor/Ram)