Direktur CIA: AS Tidak Akan Biarkan Suriah Jatuh Ketangan Mujahidin Islam

US-CIA-BRENNANEramuslim – Direktur CIA, John Brennan, menegaskan bahwa Amerika Serikat tidak akan membiarkan jatuhnya pemerintah Suriah dan lembaga-lembaganya ditangan kelompok pejuang Islam, khususnya mujahidin Negara Islam.

Pernyataan ini dilontarkan John Brennan di depan markas penelitian Dewan Pusat Hubungan Luar Negeri AS di kota New York, pada hari Jum’at (13/03) kemarin.

John Brennan menjelaskan bahwa baik Rusia maupun Amerika Serikat dengan koalisi internasionalnnya tidak ingin runtuhnya lembaga pemerintah dan politik di Damaskus. Tentunya ini dapat memuluskan jalan Negara Islam dalam mengambil alih negara tersebut.

“Negara Islam, unsur-unsur Al Qaeda dan pejuang Islam lainnya kini berada di atas angin dalam pertempuran di Suriah. Itulah sebabnya mengapa penting untuk mendukung pasukan moderat Suriah,” ujar John Brennan.

“Prioritas AS adalah mengalahkan Negara Islam di Irak. Sedangkan untuk Damaskus, AS membutuhkan waktu beberapa tahun untuk mendukung pejuang moderat mengambil alih perang di Suriah,” tutup John Brennan dalam penjelasannya.

Militer AS sendiri kini sedang mempersiapkan untuk melatih dan mempersenjatai ribuan pejuang moderat Suriah di luar negeri, sebagai upaya mendorong pejuang moderat mengambil alih pertempuran di Suriah. (Skynewsarabia/Ram)