Diplomat Suriah: Teheran Dan Hizbullah Mulai Menarik Dukungannya Kepada Rezim Bashar Al Assad

bashar assadSejumlah diplomat penting Suriah menyatakan bahwa pemerintah Teheran mulai mempertimbangkan menarik dukungannya kepada Bashar al Assad, setelah kekalahan tentara pemerintah di wilayah utara dalam perang di Suriah sejak 2011 lalu.

Pejabat yang tidak mau disebutkan namanya tersebut mengatakan “Iran dan Hizbullah kini mulai mempertimbangkan dukungannya untuk Assad,” ia menambahkan “Saya berpikir bahwa Iran mengerti sekarang bahwa mereka tidak akan bisa menang dalam krisis di Suriah yang dipimpin oleh Bashar al Assad.”

Menurutnya, kebangkitan milisi ISIS telah banyak mempengaruhi kepercayaan Teheran terhadap kemenangan tentara pemerintah dalam perang di Suriah. “mungkin Iran siap untuk menyerang balik Bashar al-Assad, jika mereka berhasil mencapai solusi terbaik dengan kekuatan Barat dalam masalah nuklir,” tambahnya.

Sementara itu Channel 10 Israel menyatakan “pasca berjalananya perang selama 1 setengah tahun terakhir, nampak kemenangan semakin menjauhi rezim Bashar al Assad,” hal ini ditambah dengan upaya sejumlah negara Teluk Arab yang ingin mempersenjatai pasukan revolusi Suriah. (Dostor/Ram)