Teroris Syiah Houthi Akan Berhadapan Dengan Mujahidin Al-Qaeda Yaman

Shi'ite Houthi rebel searches a man at a checkpoint in SanaaEramuslim – Seorang sumber politik Yaman mengungkapkan kepada Sky News Arab bahwa milisi Syiah Houthi akan menyerang kota Aden di wilayah selatan Yaman, jika Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi terus melaksanakan tugasnya sebagai kepala negara dari kota tersebut.

Sumber tersebut menambahkan, “Kelompok Syiah Houthi mengancam tidak akan ragu-ragu untuk memerangi pihak-pihak yang mendukung Abed Rabbo Mansur Hadi sebagai kepala negara yang sah di Yaman.”

Menurutnya kelompok Syiah Houthi tidak akan tinggal diam menanggapi manuver Presiden Abed Rabbo di kota Aden, meskipun mendapat dukungan dari kabilah-kabilah Yaman dan kawasan regional.

Milisi Syiah Houthi mulai melancarkan invasinya dengan menguasai ibukota Yaman Sanaa pada akhir bulan September 2014 lalu, dan kemudian memaksa orang nomor satu di Yaman ini untuk menyatakan pengunduran dirinya pada 22 Januari 2015.

Presiden Abed Rabbo berhasil melarikan diri pada Sabtu (21/02) lalu setelah menjadi tahanan rumah selama satu bulan lamanya ditangan milisi Syiah pada akhir bulan Januari lalu, dan segera mengeluarkan keputusan presiden yang menyatakan kelompok Houthi sebagai teroris pada Selasa (24/02) malam. Jika Syiah Houthi sungguh-sungguh akan menyerang Aden maka sangat mungkin gerombolan teroris ini akan berhadapan dengan Mujahidin Al-Qaeda yang memang berbasis di Yaman. (Skynewsarabia/Ram)