Dicegat Kapal Perang AS, Konvoi Kapal Perang Iran Jauhi Perairan Yaman

kapalXindukXRooseveltEramuslim.com – Seorang pejabat tinggi Amerika Serikat menyatakan bahwa konvoi kapal perang Iran yang membawa bantuan senjata untuk pemberontak Syiah Houthi kini telah menjauh dari lepas pantai Yaman dan bergerak menuju arah timur laut.

Dalam keterangannya pada Kamis (23/04) malam waktu Washington, pejabat tersebut mengatakan, “Kapal Iran telah menjauhi wilayah perairan Yaman, mereka kini berada di sekitar perairan Salalah di wilayah laut Oman.”

Pejabat tersebut menekankan bahwa Angkatan Laut AS akan selalu mengawasi dengan ketat konvoi kapal-kapal Iran yang dapat setiap saat bergerak kembali menuju Yaman untuk menyuplai senjata kepada pemberontak Syiah Houthi.

Senin 20 Maret 2015 Departemen Pertahanan AS mengumumkan bahwa Iran mengirimkan 9 kapal perang, termasuk 2 kapal perusak, menuju wilayah perairan Yaman, yang dicurigai membawa bantuan persenjataan untuk pemberontak Syiah Houthi.

Amerika Serikat sendiri bereaksi cepat dengan mengirimkan kapal induk Roosevelt dan kapal peluncur Normandia yang berada di perairan Teluk menuju wilayah perairan Teluk Aden. (Skynewsarabia/Ram)