Diam-Diam Haftar Minta Sisi Gelar Intervensi Di Libya

Sisi-HaftarEramuslim – Mantan anggota DPR yang dibubarkan mengungkapkan bahwa komandan kudeta militer pensiunan Mayor Jenderal Khalifa Haftar mengadakan kunjungan rahasia ke ibukota Kairo pada hari Sabtu (07/03) kemarin.

Sumber yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut menjelaskan bahwa kunjungan rahasia Mayor Jenderal Khalifa Haftar adalah untuk menyakinkan Presiden Abdel Fattah Sisi untuk menggelar intervensi militer di Libya.

Dalam tanggapannya, Presiden Abdel Fattah Sisi menyatakan menolak permintaan tersebut karena adanya penolakan dari sejumlah petinggi militer dan intelejen Mesir.

Para pejabat keamanan dan militer pembantu senior al-Sisi mengungkapkan bahwa alasan ditolaknya proposal tersebut karena tidak adanya jaminan hasil yang diperoleh dari intervensi tersebut, ditambah dengan gejolak yang kini melanda wilayah semenanjung sinai.

Perlu di ingat bahwa 16 Februari lalu militer Mesir meluncurkan serangan udara ke kota Derna, sebagai aksi balasan atas eksekusi mati 21 warga Koptik Mesir oleh milisi Negara Islam.

Mesir juga telah mengajukan permohonan kepada Dewan Keamanan PBB untuk menggelar intervensi militer memerangi mujahidin Libya beberapa hari setelah serangan ke kota Derna, sebelum akhirnya ditolak oleh AS dan sekutunya. (Rassd/Ram)