Di Tengah Persiapan Negara G-7 Siap Jatuhkan Sanksi Kepada Rusia, Dephan Ukraina Izinkan Tentara Ukraina Gunakan Senjata Usir Tentara Rusia

ukraina soldierPresiden AS Barack Obama mengundang para pemimpin G-7 dan Uni Eropa melakukan pertemuan darurat membahas krisis di Ukraina, di sela-sela pertemuan puncak pembahasan nuklir dunia di kota Hague, Belanda, pada pekan depan.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS menyatakan bahwa pertemuan akan fokus pada situasi di Ukraina dan keputusan G-7 terkait perkembangan situasi dan dukungan untuk Ukraina.

Anggota negara G-7 memutuskan untuk menangguhkan pertemuan puncak Kelompok G-8 yang direncanakan digelar di kota Sochi, Rusia, pada bulan Juni mendatang.

G-7 adalah kelompok negara industri utama yang beranggotakan Jerman, Kanada, Amerika Serikat, Perancis, Italia, Jepang, Inggris, dan pada sekitar tahun 1998 memasukkan Rusia ke dalam negara anggota sehingga diubah menjadi Kelompok G-8.

Sementara itu Departemen Pertahanan Ukraina mengizinkan tentara Ukraina di Crimea untuk menggunakan senjata, setelah dua unit militer di Smfiropol di serang pada hari Selasa (18/03) kemarin, dan menewaskan seorang tentara Ukraina.

Kementerian Ukraina mengatakan “pemerintah Ukraina mengizinkan unit-unit militer di Crimea menggunakan senjata untuk melindungi nyawa mereka.” (Rassd/Ram)