Di Italia, Tim Dokter Harus Memilih Antara Pasien Corona yang Dirawat atau Dibiarkan Mati

“Situasinya semakin buruk hari demi hari, karena kami telah mencapai batas tampung ranjang ICU serta bangsal biasa untuk merawat pasien-pasien positif virus corona,” katanya.

“Di provinsi kami, kami telah kehabisan sumber daya, baik manusia maupun teknologi. Jadi kami menunggu ventilator baru, perangkat ventilasi non-invasif baru.”

Awal pekan ini, kesaksian dari Dr Daniele Macchini, seorang dokter unit perawatan intensif di Bergamo, menjadi viral di Twitter.

Pada kesaksian tersebut, dia menjelaskan bagaimana timnya “kewalahan oleh tsunami” dan peralatan medis untuk masalah pernapasan, seperti ventilator, menjadi luar biasa berharga “layaknya emas”.

“Kasus-kasus berlipat ganda, [kami menerima] 15-20 pasien per hari, semua karena alasan yang sama. Hasil uji swab kini muncul satu demi satu: positif, positif, positif. Tiba-tiba [ruang gawat darurat] ER kolaps,” katanya.

“Beberapa kolega kami yang terinfeksi juga punya kerabat yang terinfeksi, dan beberapa kerabat mereka sudah berjuang antara hidup dan mati.”

Dr Salaroli mengatakan kepada surat kabar Corriere bahwa beban emosi staf medis “menghancurkan” dan beberapa dokter di dalam timnya “remuk” oleh pilihan-pilihan yang terpaksa dibuat.

“Bisa terjadi pada dokter kepala begitu pula dengan dokter muda yang baru tiba dan harus memutuskan nasib seorang manusia. Saya ulangi, dalam skala besar,” ujarnya.

“Saya melihat sejumlah perawat dengan 30 tahun pengalaman, menangis, orang dengan krisis mental, tiba-tiba gemetar.”