Akhir 2015 Turki Siap Tampung 804 Ribu Pengungsi Baru Suriah

pengungsiXanakXsuriahEramuslim.com – Ketua United Nations Development Programme, Helen Clark, memuji sikap pemerintah Turki yang siap menerima sekitar 804 ribu pengungsi baru Suriah sepanjang akhir tahun 2015 ini.

Dalam pernyataannya pada pembukaan kantor kantor regional Komisaris Tinggi untuk Pengungsi, PBB di kota Istanbul hari Senin kemarin, Helen Clark mengatakan, “Pemerintah Turki menyatakan siap untuk menerima 804.000 pengungsi baru asal Suriah akhir tahun 2015 ini.”

Helen Clark menambahkan, “Ada sekitar 1,7 juta pengungsi asal Suriah dan sekitar 300 ribu pengungsi Irak saat ini yang berada di Turki. Mereka telah mengeluarkan dana sebesar 6 miliar dolar AS dari kas mereka sendiri untuk membiayai pegungsi-pengungsi ini.”

Selain itu Helen juga menyerukan negara-negara donor untuk memperhatikan nasib para pengungsi, ditengah perang yang mereka lakukan di Irak dan Suriah.

Helen Clark sendiri adalah mantan Perdana Menteri Selandia Baru, dan menjadi kandidat terkuat kedua setelah Ban Ki-moon untuk menduduki Sekretaris Jenderal PBB.

Perlu diketahui bahwa Turki adalah satu-satunya negara yang mengumumkan membuka pintu negara mereka untuk para pengungsi, ditengah penolakan negara-negara tetangga Irak dan Suriah akibat pendanaan yang kurang bagi para pengungsi. (Alarabiya/Ram)