Dewan Syuro Saudi: Serangan ke Yaman Untuk Cegah Pengaruh Syiah Iran

Dr.  Fayez SyahriEramuslim – Anggota Dewan Syuro Arab Saudi, Dr.Fayez Syahri, menyatakan bahwa serangan koalisi regional pimpinan Saudi adalah untuk mencegah ancaman langsung dari Syiah Iran, khususnya di wilayah teluk dan umumnya di kawasan Timur Tengah.

Dalam wawancaranya di program Cairo Today di stasiun televisi Al Yaum pada Kamis (26/03), Dr.Fayez Syahri mengatakan, “Ini adalah untuk mencegah ancaman langsung Iran terhadap Saudi dan negara di sekitar kawasan.”

Dr.Fayez Syahri melanjutkan, “Dukungan Iran bagi Houthi adalah jelas dan nyata. Mereka (pemberontak Houthi) dilatih oleh komandan Garda Revolusi di wilayah Iran.”

“Ingat apa yang dilakukan oleh Arab Saudi bersama 9 negara koalisi regional berada di bawah payung hukum dan dengan dukungan internasional,” ujar Dr.Fayez Syahri.

Bersama dengan 4 negara Teluk serta Mesir, Maroko, Yordania, Sudan dan Pakistan, Arab Saudi melancarkan serangan udara terhadap pemberontak Syiah Houthi pada Kamis (26/03) dini hari waktu Riyadh.

Menteri Pertahanan Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, mengklaim bahwa serangan tersebut telah berhasil menghancurkan pertahanan udara milik pemberontak Syiah Houthi di ibukota sana’a. (Rassd/Ram)