Dewan Kota Chicago Loloskan Resolusi Penerimaan Pengungsi Suriah

pengungsi suriah di pulau LesbosEramuslim.com – Dewan Kota Chicago meluluskan resolusi yang menjadikan kota Chicago sebagai ‘Kota Suci’. NBC News melaporkan, resolusi yang dicapai Rabu (18/11/2015) itu boleh menolak keputusan Gubernur Bruce Rauner yang menunda penerimaan pengungsi Suriah.

“Meski sifatnya hanya simbolis, tapi resolusi itu menyebabkan Gubernur Rauner tidak berhak menolak pengungsi,” kata Ramirez Rosa, salah satu anggota dewan yang memprakarsai resolusi itu.

Resolusi yang diusulkan empat anggota dewan itu juga meminta organisasi sosial dan pebisnis setempat, untuk memberikan makanan dan perumahan bagi pengungsi Suriah. Para pelaku bisnis bisa bekerjasama dengan United States Conference of Catholic Bishops.

Seperti diketahui, Gubernur Bruce Rauner bersama belasan gubernur AS lainnya, menyatakan Negara Bagian Illinois menunda penerimaan pengungsi Suriah untuk sementara waktu. Penundaan itu dilakukan menyusul tragedi Paris yang menewaskan 129 korban. Rauner juga mengkhawatirkan proses penyaringan yang dilakukan Departemen Keamanan Dalam Negeri terhadap 10 ribu pengungsi Suriah yang diterima AS sebelum 2016 nanti.

Saat resolusi itu dibicarakan Dewan Kota Chicago, sejumlah pengungsi Suriah juga hadir. ”Menurut kami, Gubernur Rauner tidak berhak menahan pengungsi Suriah agar ditempatkan di Negara Bagian Illinois,” kata Ed Burke, anggota dewan yang lain.

Sikap yang sama juga dilontarkan Walikota Chicago Rahm Emmanuel. ”Saya merasa terhormat dengan lahirnya resolusi ini,” tutur Emmanuel. Bekas kepala staf Obama itu melanjutkan, ”Kita tidak bisa memalingkan muka ketika Prancis dengan berani mempertahankan nilai-nilai kemanusiaannya,” kata Emmanuel.(ts/inilah.com)